Home » Foto » [Galeri Foto] Tim Pengaman Flora Fauna (TPFF) Karang Ampar-Bergang

[Galeri Foto] Tim Pengaman Flora Fauna (TPFF) Karang Ampar-Bergang

Acehlandscape.com, Aceh Tengah – Sejak 2015 WWF Indonesia mulai melakukan pendampingan bagi desa-desa yang mengalami konflik dengan gajah liar di Aceh. Awalnya ini adalah salah satu respon yang dilakukan WWF setelah terjadi korban jiwa seorang petani bernama Hasan Basri ang meninggal diserang gajah saat ia bersama Tim Delapan sedang menggiring gajah keluar dari kawasan perkebunan warga di Pintu Rime Gayo, Kabupaten Bener Meriah pada Oktober 2014.

Tim Delapan adalah tim pertama yang dilatih oleh Flying Squad WWF yang datang dari Riau. Saat ini kelompok ini sering membantu pemerintah untuk menggiring gajah kelua dari desa kembali ke jalur utama mereka di lembah sungai Peusangan.

Tim Delapan menginspirasi WWF memperkuat desa-desa di DAS Peusangan yang berkonflik dengan gajah. Salah satunya adalah TPFF Karang Ampar Bergang. Selain itu ada juga tim gajah di Desa Pante Peusangan, Bireuen. Tiga kelompok masyarakat ini mendapat pelatihan dan pendampingan selama 4 tahun dari WWF. Pelatihan tidak hanya dilakukan sekali, tapi berkali-kali, karena mereka akan dievaluasi sejauh mana menerapkan teknik yang diajarkan.

Berikut adalah galeri foto pelatihan peningkatan kapasitas yang dilaksanakan oleh WWF Indonesia Northern Sumatra Program bekerjasama dengan WWF Riau sebagai pemateri untuk Tim Pengaman Flora Fauna (TPFF) Karang Ampar-Bergang dikawasan Hutan kecamatan Ketol, Aceh Tengah.

Baca : Penggiring Gajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*