Templates by BIGtheme NET
Home » Program » Tenaga Pendidik di wilayah DAS Terapkan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan

Tenaga Pendidik di wilayah DAS Terapkan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan

Acehlandscape.com, Lhokseumawe – Tiga sekolah dasar di Aceh Utara dan Langsa mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas tenaga pendidik dan stakeholder dalam kewirausahaan hijau di kawasan DAS. Kegiatan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan ini berlangsung selama dua hari sejak tanggal 28 Februari sampai 1 Maret 2019 di Hotel Singapore, Lhokseumawe.

Di awal kegiatan, sekolah juga mempresentasikan perubahan sekolah setelah menerapkan pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan sejak empat bulan yang lalu. “Setelah ada pendampingan, kami sudah menerapkan sekolah hijau di sekolah dan masyarakat sekitar,” ujar Ti Rahmah guru SDN 8 Langkahan.

Hal yang sama dilakukan oleh guru SDN 11 Sawang, mereka mulai melibatkan siswa siswi dalam menciptakan sekolah yang asri dan bersih. Halaman sekolah sudah mereke tata dengan baik dan mulai mengadakan gerakan menanam.

Senada dengan SDN 9 Kuala Langsa, kepala sekolah dan guru melakukan berbagai kegiatan untuk menggalakkan sekolah hijau.  “Kami mencoba menanam bakau di pekarangan sekolah, namun ternyata tidak tumbuh. Akhirnya kami menanam bunga dan berhasil tumbuh dengan baik,” jelas Dita Guru SDN 9 Kuala.

Melihat perubahan positif yang dilakukan ketiga sekolah ini, fasilitator kembali mengajak tenaga pendidik untuk menggerakan kewirausahaan hijau. “Agar sekolah dapat lebih mandiri, maka kita akan mencoba menggali potensi untuk dijadikan wirausaha hijau di sekolah,” papar Rini fasilitator dari WWF Indonesia. [mulya/fdkp]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*