Fokus Group Diskusi Pengarusutamaan Gender dan Inklusi Sosial Pengelolaan Sumber Daya Alam dilingkungan Pemerintah Aceh - Aceh Landscape
Templates by BIGtheme NET
Home » Program » Fokus Group Diskusi Pengarusutamaan Gender dan Inklusi Sosial Pengelolaan Sumber Daya Alam dilingkungan Pemerintah Aceh

Fokus Group Diskusi Pengarusutamaan Gender dan Inklusi Sosial Pengelolaan Sumber Daya Alam dilingkungan Pemerintah Aceh

Acehlandscape.com, Banda Aceh – 1 Maret 2019, Balai Syura Ureung Inong Aceh, WWF, Forum Das Krueng Peusangan yang tergabung dalam Koalisi Peusangan, Jamboe Aye dan Tamiang (PJT) bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh (DLHK) mengadakan Focus group discussion pengarusutamaan gender dan inklusi sosial dalam pengelolaan sumber daya alam.

Kegiatan ini membahas mengenai draft Peraturan Gubernur Aceh mengenai Pedoman Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender dan Inklusi Sosial dalam Pembangunan Bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh yang telah disusun dan didorong oleh Balai Syura sejak hampir dua tahun terakhir terakhir.

Ir. Sahrial selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengatakan “Permen Dalam Negeri sudah mengamanatkan kegiatan pembangunan yang responsive gender yang dituangkan ke dalam rencana pengelolaan jangka menengah daerah. Termasuk juga renstra DLHK. Jadi harus memasukkan hal terkait dengan strategi gender” ungkapan ini diucapkan dalam pidato pembukannya.

Selanjutnya, Suraiya Kamaruzzaman selaku presidium Balai Syura mengatakan “Balai Syura sangat konsen untuk memastikan integrasi isu gender dan inklusi dalam pengelolaan SDA karena menyadari laki-laki maupun perempuan sama pentingnya mendapatlan akses, berpartisipasi, melakukan kontrol, dan menerima manfaat dalam pengelolaan SDA”

Kolaborasi in diharapkan dapat mendorong percepatan pengesahan Pergub Gender dan inklusi sosial dalam pengelolaan sumber daya alam maksimal hingga juni nanti.

Kegiatan ini turut mengundang seluruh Dinas-dinas terkait baik level provinsi maupun dilevel daerah. Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan provinsi Aceh juga mengungkapkan apresiasinya terhadap peraturan gubernur yang sedang didorong ini sebagai inisiator pertama di Indonesia yang mengatur soal pembangunan lingkungan dengan konsep pengarusutamaan gender dan inklusi sosial.

Narasumber kegiatan ini Abdullah Abdul Muthalib dan di moderatori Khairani Arifin, dimana keduanya merupakan tim dratf Pergub yang akan diajukan oleh DLHK. Abdul mengatakan bahwa salah satu contoh pembangunan lingkungan yang ramah gender dan inklusi sosial misalnya pembangunan ekowisata yang bisa diakses oleh semua orang termasuk orang berkebutuhan khusus.

Diakhir kegiatan disepakati membentuk forum kecil untuk melanjutkan diskusi serta mengawal agar draf peraturan ini segera disahkan sehingga membutuhkan dukungan dan kerjasama dari multipihak. (Dara Hilda Maisyita dan Suraiya Kamaruzzaman/Balai Syura)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*