Home » Activity » Koalisi PJT Gelar Kegiatan Panda CLICK!

Koalisi PJT Gelar Kegiatan Panda CLICK!

Koalisi Peusangan, Jambo Aye dan Tamiang (PJT) menggelar kegiatan Panda CLICK! bersama masyarakat lokal yang dilaksanakan di Hotel Meuligoe, Bireuen (23/4/2019).

Acehlandscape.com, Bireuen –  Koalisi Peusangan, Jambo Aye dan Tamiang (PJT) yang terdiri dari WWF Indonesia, Forum DAS Krueng Peusangan (FDKP) dan Balai Syura Ureung Inong Aceh (BSUIA) melalui program Shared Resources Joint Solutions (SRJS), menggelar kegiatan Peningkatan Kapasitas Melalui Media Visual Panda CLICK! (Communication Learning toward Innovative Change and Knowledge), Selasa, 23/04/2019, di Hotel Meuligoe, Bireuen, Aceh.

Kegiatan ini bertujuan untuk penguatan masyarakat melalui karya fotografi dan videografi yang lebih inovatif di komunitas masyarakat melalui rekam visual baik foto dan maupun video. Diharapkan dengan kegiatan ini, dapat mendorong masyarakat untuk memunculkannya perubahan-perubahan positif yang bermanfaat bagi masyarakat dan alam sekitar. Kegiatan tersebut berlangsung sejak 23-25 April 2019.

Berikut galeri foto yang dihimpun oleh Andri Munazir

Untuk diketahui, bahwa kegiatan ini dinamakan Panda CLICK! ‘Panda’ tentu saja karena merupakan inisiatif dari WWF dengan logo Pandanya, dan CLICK! merupakan singkatan dari ‘Communication Learning towards Innovative Change and Knowledge’, yang berarti belajar berkomunikasi untuk perubahan yang inovatif dan pengetahuan.

Program ini melatih masyarakat lokal menggunakan kamera digital untuk memungkinkan mereka mengabadikan apapun yang mereka anggap penting terkait dengan kehidupan mereka, aktivitas sehari-hari mereka dan tentang budaya dan tradisi mereka.

Tindakan memotret pun menjadi bukan sekedar “momen pengabadian,” namun juga “usaha menyatakan,” tepatnya “menyatakan sebuah keberadaan,” kata sebuah baris di buku Crystal Eye. Inilah sesungguhnya yang menginspirasi WWF untuk melaksanakan program ini.

Dengan kata lain, tujuan dari kegiatan Panda CLICK! adalah untuk memberikan perspektif yang luas bagi sebuah upaya penguatan masyarakat melalui komunikasi partisipatori dan fotografi yang dilakukan oleh masyarakat lokal. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*